title

About

About

slider

Recent

Powered by Blogger.

Total Pageviews

About us

Followers

Navigation

RPP kelas V semester 2 tema 8 pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                            :SD Negeri  024 Limau Manis
Kelas /Semester             :  V (Lima) /2 (dua )
Tema 8                            :  Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 1                       :  Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran                 : 2
Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesiadan IPA.SBdP
Alokasi Waktu                :1 x Pertemuan

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1     : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
KI 3     : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4     : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Menguraikan urutan peristiwaatau tindakan yang terdapatpada teks nonfiksi
3.8.1  Membaca teks narasi peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8 Menyajikan kembali peristiwaatau tindakan denganmemperhatikan latar cerita yangterdapat pada teks fiksi
4.8.1 Menceritakan  kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita
                 

Muatan : IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Menganalisis siklus air dandampaknya pada peristiwadi bumi serta kelangsunganmakhluk hidup
3.8.1  Melakukan percobaan tahap-tahap dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi
4.8 Membuat karya tentang skemasiklus air berdasarkan informasidari berbagai sumber
4.8.1  Mendiskusikan siklus air dan dampaknya bagi peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup

Muatan : SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami tangga nada

3.2.1  Memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalamberbagai tangga nada denganiringan musik
4.2.1Mempraktikkan gerak melangkahkan kaki ke berbagai arah dan mengayun ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
·           Melaluikegiatanmenyanyi, siswamampumengidentifikasiberbagaitangga nada denganbenar.
·           Melaluikegiatanpengamatan, siswamampumenjelaskanterjadinyasiklus air denganbaik.
·           Melaluikegiatanmenggaliinformasidarisumberbacaan, siswadapatmembuatbagansederhanauntukmenjelaskansiklus air.
·           Melaluikegiatanmengamati, siswamampumengidentifikasiurutanperistiwadalambacaandenganbenar.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
·           Teks Penjelasan menjelaskanterjadinyasiklus air
·           Teks, menjelaskan perubahan wujud bendapadat, cair, dan gas.
·           Laguberjudul “RayuanPulauKelapa”,

E.       METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan       : Saintifik.
Metode              : Permainan / Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.       SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media/Alat        :1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Sumber Belajar  :1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
10 menit
Kegiatan inti
Membaca
PadakegiatanMembaca:
• Siswamengamatitekslagu “Air Terjun”.
• Siswadiajakbertanyajawabmengenai
identitaslagu, misalnyasebagaiberikut.
1. Apajudullagutersebut?
Jawaban: Air Terjun.
2. Siapapenciptanya?
Jawaban: A.T. Mahmud.
3. Tangga nada apa yang digunakan?
Jawaban: Tangga nada do = C.
4. Apatanda tempo yang digunakan? Apa
artinya?
Jawaban: Tanda tempo yang digunakan
adalahsedang, artinyalagudinyanyikandengankecepatanseperti
orangberjalansantai.
• Kegiataninidigunakanuntukmemberipemahamankepadasiswatentangtangga nada (SBdP KD 3.2).
Bernyanyi
• Denganmenirukanataudibimbing guru, siswamencobamenyanyikan nada-nada padalagusecaraberulang-ulanghinggatepat.
• Siswamembacasyairlagudengancermat, lalumenceritakanisisyairlagu.
• Siswamenyanyikansyairlagusesuai nada yang tepat.
• Kegiataninibertujuanuntukmelatihketerampilansiswamenyanyikanlagusesuaitangga nada yang digunakan (SBdP KD 3.2 dan 4.2).
Mengamati
• Siswamembentukkelompokterdiriatas 4-5 siswatiapkelompok.
• Tiapkelompokmengamatigambarsiklus air, lalumenuliskan prosesprosesyang terlihatpadagambartersebut.
• Perwakilandarisetiapkelompokmajukedepankelasuntukmenceritakangambarsiklus air dan proses-proses yang terlihatpadagambar.
• Kegiataninibertujuanuntukmengidentifikasikemampuansiswadalammenganalisisdanmenceritakanbagansiklus air (IPA KD 3.8).
Membaca
• Siswamembacateks “Siklus Air” dengancermat. Teknikmembacadapatmenggunakanteknikmembacasenyapataumembacakerasbergantian.
• Siswadiajakbertanyajawabmengenaiisibacaan.
• Siswamenceritakanmengenaisiklus air daribacaan.
Mencoba
• Dengankelompoknya, siswamenggambarbagansederhanauntukmenjelaskansiklus air.Siswadimintamembuatbagan yang benardanmenarik.
• Selanjutnya, setiapkelompokmempresentasikanbagan yang dibuatnya. Kelompoklainmenanggapidanmemberimasukanatasbagan yang dipresentasikan. • Kegiataninibertujuanuntuk agar siswadapatmenganalisissiklus air (IPA KD 3.8 dan 4.8).
Membaca
• Siswamembacasenyapteksfiksi “SemutdanBeruang”.
• Siswadiajakbertanyajawabmengenaiisibacaan.
• Sebagaialternatifkegiatan, siswadimintamemperagakanadegan-adegandalambacaan.
• Selanjutnyasiswamenuliskanurutanperistiwapadabacaan “SemutdanBeruang”.
• Kegiataninibertujuanuntukmelatihketerampilansiswamenuliskanurutanperistiwapadateksbacaan (Bahasa IndonesiaKD 3.8 dan 4.8).
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

H.      PENILAIAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
siswa
jujur
Disiplin
Tanggung
Jawab
Satuan
Peduli
Percaya
Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1













2













3













            Keterangan :
            T          : Terlihat
            BT       : Belum Terlihat
2.   Penilaian Pengetahuan
·      Menguraikan urutan peristiwaatau tindakan yang terdapatpada teks nonfiksi.
Skor : 3
·      Membuat karya tentang skemasiklus air berdasarkan informasidari berbagai sumber
Skor : 5
·      Menyanyikan lagu-lagu dalamberbagai tangga nada denganiringan musik
Skor : 5

3.    Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia
KD Bahasa Indonesia 3.8 dan 4.8
Diskusi dan unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.
IPA
KD Ilmu Pengetahuan Alam 3.8 dan 4.8
Unjuk kerja dan hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.
SBDP
KD Seni Budaya dan Prakarya 3.2 dan 4.2



4.    Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

5.    Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



 ( )
NIP..................................

..................., ............ 20....
Guru Kelas V



 (  )NIP....................................





Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: